Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Mixer Pada Adonan Roti Beserta Fungsinya

Jenis Mixer Pada Adonan Roti Beserta Fungsinya


Mixer adalah alat yang berfungsi sebagai pengaduk adonan yang tentunya dapat memudahkan anda dalam melakukan pekerjaan dibidang dapur. Umumnya mixer terbagi menjadi dua jenis, perlu anda ketahui dan anda kenali kedua jenis mixer tersebut. Berikut ini adalah jenis mixer pada adonan roti beserta fungsinya.

Jenis Mixer Pada Adonan Roti

Mixer terbagi menjadi dua jenis yaitu hand mixer dan stand mixer, masing masin dari keduanya memiliki fungsi dan kelebihan yang semakin memudahkan kita. Berikut ini adalah jenis mixer.

1. Hand mixer

Hand mixer adalah jenis mixer yang memiliki kapasitas untuk mengolah adonan roti dalam volume kecil atau sedikit. Mesin ini juga dapat digunakan dengan sangat mudah yaitu anda cukup menggenggam bagian handle mixer. Untuk mesi yang non eletrik dan rotary mixer anda harus menggunakan tangan anda.

Manual mixer dan rotary mixer sering untuk digunakan dalam pekerjaan mengocok telur atau membuat whipped cream. Hand mixer yang elektrik memiliki fungsi yang lebih lengkap untuk memadukan bahan roti atau juga kue sehingga dapat membentuk suatu adonan yang bisa dibentuk dan digunakan untuk ketahap selanjutnya.

Mesin jenis hand mixer dapat dioperasikan dengan cara mengatur tombol yang berada diatas mixer. Diatas mesin biasanya terdapat 1 sampai 3 tombol yang dapat digunakan untuk mengatur kecepatan putaran besi pengaduk pada mixer dan juga terdapat tombol yang dapat digunakan untuk melepas besi pengaduk.

Besi pengaduk memiliki bentuk yang bermacam macam yang dapat disesuaikan dengan jenis adonan apa yang akan anda adon. Meringue shaker yaitu pengaduk dengan bentuk jaring-jaring yang sangat cocok untuk mengaduk batter.

Kami memiliki mixer yang dapat dijadikan sebagai rekomendasi hand mixer yaitu, Maspion Hand Mixer MT-1192. Mixer ini dapat membuat berbagai makanan seperti kue dan roti yang lezat dengan cara yang mudah. Mixer maspion ini telah dilengkapi dengan lima pilihan kecepatan dengan teknologi turbo speed yang semakin memudahkan anda untuk mencampur, mengocok dan mengaduk yang telah dilengkapi dengan 2 buah pengaduk serta pengocok telur yang membuat proses membuat adonan menjadi lebih sempurna.

Tungkai pengaduk yang terbuat dari stainless steel membuatnya semakin tahan lama dan tidak  tidak cepat rusak, tentunya anda dapat dengan mudah membersihkan mixer ini. Dengan segala kelebihan pada mesin jenis hand mixer, tentunya harga mixer ini memiliki harga yang cukup bersahabat dengan kantong anda.

2. Stand Mixer

Stand mixer memiliki perbedaan yang paling kasat mata dengan hand mixer, karena mixer jenis ini memiliki ketersediaan wadah yang tidak dimiliki oleh hand mixer. Dengan menggunakan mixer jenis stand ini anda dapat mencapurkan bahan-bahan roti dengan kapasitas cukup banyak karena umumnya jenis ini sangat cocok untuk digunakan dalam mencampur adonan dalam volume yang besar atau banyak.

Stand mixer memiliki tenknologi yang semakin berkembang karena telah dilengkapi dengan berbagai fitur otomatis yang dapat anda gunakan sesuai dengan kebutuhan anda.

Kami memiliki mixer yang dapat dijadikan sebagai rekomendasi stand mixer yaitu Cosmos Stand Mixer 4.3 L CM-9000. Mixer ini dapat digunakan untuk mengadon hingga kapasitas 4,3 liter tentunya mixer ini dapat pula untuk digunakan dalam pembuatan adonan seperti kue, pasta, mashed potato, dll. Mixer jenis ini telah dilengkapi dengan bowl cover yang dapat digunakan untuk  memudahkan dalam menuang adonan dan pula spatula yang digunakan untuk mengaduk.

Thermostat Overheat Protection yaitu fitur pelindung motor yang dapat memutuskan aliran listrik jika suhu motor telah mencapai batas yang telah ditentukan guna untuk mencegah terbakarnya motor, sehingga mesin ini aman untuk digunakan. Mixer tentunya juga memiliki harga yang cukup bersahabat dengan kantong anda.

Demikian jenis mixer pada adonan roti beserta fungsinya. Semoga dapat menambah wawasan anda semua serta dapat membantu dalam menentukan pilihan dengan harga mixer yang sesuai budget anda.