Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagian Bagian Mesin Potong Rumput Beserta Fungsinya


Bagian Bagian Mesin Potong Rumput Beserta Fungsinya

Bagian bagian pada mesin memiliki fungsi yang berbeda, dan memiliki ketertarikan antara yang satu dengan yang lainnya. Berikut ini adalah bagian bagian mesin potong rumput beserta fungsinya.

Bagian Bagian Mesin Potong Rumput Beserta Fungsinya

1. Tangki Bahan Bakar

Tangki bahan bakar adalah bagian yang memiliki fungsi sebagai tempat penampungan bahan bakar, bagian ini berada pada bagian paling atas pada mesin potong rumput. Dan pada jenis mesin potong rumput 4 tak tangki bahan bakar berada dibawah mesin.

2. Karburator

Karburator adalah bagian yang memiliki tugas sebagai penyuplai bahan bakar pada ruang pembakaran, pada mesin potong rumput memiliki dua jenis karburator yang dapat digunakan, yaitu karburator sedang dan karburator injeksi. Pada karburator jenis injeksi memiliki ciri khas pada pompa bahan bakar dibagian bawah karburator dan lebih irit menghemat bahan bakar.

3. Filter Udara

Ketiga adalah filter udara atau yang sering disebut dengan air cleaner merupakan bagian yang berfungsi untuk menyaring udara yang masuk pada ruang pembakaran. Bagian ini terletak pada bagian depat dan menempel pada karburator, dan biasanya bagian ini berupa busa penyaring yang mudah dibersihkan.

4. Recoil Starter

Recoil starter ini adalah bagian yang sering disebut dengan tarikan mesin yang merupakan bagian mesin yang berfungsi sebapai pengengkol putaran awal mesin. Dan bagian ini memiliki peranan yang sangat penting dalam menghidupkan mesin potong rumput.

5. Kampas

Kampas adalah bagian dari mesin potong rumput yang bersungsi sebagai kopling. Memiliki sistem kerja dengan mengembang pada saat putaran mesin menjadi cepat. Sehingga pengembangan kampas tersebut akan meneruskan putaran mesin ke baling baling mesin potong rumput.

6. Sistem Pengapian ( CDI dan Busi )

Selanjutnya adalah sistem pengapian, CDI merupakan bagian yang memiliki fungsi sebagai penghasil pengapian yang kemudian diteruskan pada busi menjadi percikan nyala api. Pengapian yang terjadi merupakan kerjasama antara CDI dengan putaran roda magnet yang terdapat pada mesin potong rumput.

7. Roda Magnet ( Fly Wheel )

Roda magnet atau roda gila meupakan roda yang berperan sebagai penyeimbangan mesin dan juga tempat melekatnya magnet. Pada mesin potong rumput, roda magnet memiliki kipas yang berfungsi sebagai pendingin mesin. Oleh karena itu bagian ini memiliki peranan yang sangat penting pada mesin potong rumput.

8. Block Mesin

Block mesin merupakan bagian yang memiliki fungsi sebagai tempat terjadinya pembakaran mesin. Pada bagian ini ini terdapat lubang yang berfungsi sebagai tempat melekatnya busi. Block mesin pada mesin potong rumput memiliki ukuran yang kecil sehingga apabila block mesin tersebut telah aus atau baret tidak dapat di lakukan proses over size.

9. Piston, Ring Piston, Dan Tangkai Piston

Bagian bagian tersebut merupakan bagian yang bertugas sebagai pembuat kompresi pada mesin dan berada  di dalam block mesin. Dengan sitem kerja maju mundur yang digerakan oleh ker as mesin.

10. Ker As ( Crank Shaft )

Ker as merupakan pusat putaran dari seluruh kerja bagian mesin. Ker as memiliki dua buah bearing yang berfungsi sebagai tempay dudukan dari ker as itu sendiri.

12. Rumah Kampas

Bagian ini bertugas sebagai penghubung antara mesin dengan gagang mesin potong rumput.

15. Baling Pemotong

Badian ini berfungsi sebagai pembabat rumput, dan juga merupakan bagian utama pada mesin potong rumput.

Demikian adalah bagian bagian mesin potong rumput beserta fungsinya. Semoga dapat menambah wawasan kita semua