Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kebiasan Sehari hari yang Dapat Menyebabkan Tipes


Kebiasan Sehari hari yang Dapat Menyebabkan Tipes

Tipes adalah penyakit yang memiliki gejala  seperti badan yang lemah, lelah, pusing, demam tinggi, menggigil, sakit perut, perut kembung, diare, sakit tenggorokan, dan parahnya bisa menyebabkan kematian. Berikut ini adalah kebiasaan sehari hari yang dapat menyebabkan tipes.

Kebiasan Sehari hari yang Dapat Menyebabkan Tipes

1. Jajan sembarangan

Jajan sembarangan adalah kebiasaan sehari hari yang dapat menyebabkan tipes, jika anda jajan sembarangan dan daya tahan anda sedang menurun maka hal itu bisa menyebabkan penyakit tipes.

Bakteri penyebab tipes biasanya hidup dalam air yang telah terkontaminasi dengan feses, dan juga menempel pada makanan atau dengan minuman yang konsumsi akibat jajan sembarangan.

Anak kecil lebih rentan terkena tipes karena daya tahan tubuh mereka belum sekuat orang dewasa dan bisa juga disebabkan karena kurang menjaga kebersihan saat makan.

2. Tidak menjaga kebersihan makanan

Selanjutnya adalah tidak menjaga kebersihan makanan, mengkonsumsi ikan dan makanan laut lainya yang berasal dari air yang telah terkontaminasi tinja atau urine yang terinfeksi oleh bakteri penyebab tipes dapat juga membuat anda terkena tipes.

Jika seseorang yang telah terinfeksi virus lalu menyentuh makanan tanpa mencuci tangan dengan benar atau setelah melakukan buang air, maka mereka dapat menyebarkan infeksi tersebut kepada orang lain yang telah memakan makanan yang terkontaminasi.

3. Mengonsumsi air minum yang kotor

Selanjutnya yang dapat menyebabkan terkenanya tipes yaitu mengkonsumsi air minum yang kotor, selain makanan yang dapat menyebabkan terkenanya tipes, air minum yang terkena kptpran atau tinja manusia juga bisa menjadi penyebabnya.

Maka hal ini juga harus diperhatikan bila anda suka membeli minuman dingin. Es batu yang digunakan untuk mendinginkan minuman, masih bisa membawa bakteri penyebab tipes.

4. Menggunakan toilet yang kotor

Selanjutnya yang dapat menyebabkan ialah menggunakan toilet yang kotor. Bakteri dapat bertahan meskipun berada pada tinja orang yang terinfeksi. Dan jika telah menggunakan toillet yang tercemar tinja penderita tipes maka anda pun bisa terkena dan terinfeksi.

Maka anda perlu waspada dan menjaga diri sebelum menggunakan toilet dan penting untuk mencuci tangan setelah buang air agar tidak terinfeksi tipes.

Demikian kebiasaan sehari hari yang dapat menyebabkan tipes. Semoga dapat menambah wawasan kita semua. (Halaman utama)