Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hal Hal yang Menjadi Penyabab Penyakit Hati

Hal Hal yang Menjadi Penyabab Penyakit Hati

Penyakit hati bisa saja terjadi karena hal hal yang tanpa disadari, kebiasaan kebiaasan dari pola hidup yang bisa memicu terjadinya penyakit hati. Berikut ini adalah hal hal yang menjadi penyebab penyakit hati.

Hal Hal yang Menjadi Penyabab Penyakit Hati

1. Terlalu banyak mengonsumsi gula

Hati membutuh fruktosa sebagai produksi lemak, namun jika terlalu banyak mengkonsumsi gula dan pemanis buatan dari sari pati jagung dengan kadar fruktosa tinggi, maka bisa menyebabkan penumpukan yang berisiko menyebabkan penyakit hati.

Jenis gula ini biasanya terdapat pada minuman soda, permen, dan kue manis. Penelitian menemukan, bahaya akibat terlalu banyak mengonsumsi gula setara dengan bahaya akibat konsumsi minuman keras.

2. Mengonsumsi Minuman Bersoda

Selanjutnya adalah mengkonsumsi minuman soda, orang yang mengkonsumsi minuman bersoda dapat beresiko terkena perlemakan hati non alkohol. Dan untuk mencegahnya anda bisa mengurangi untuk mengkonsumsi minumman bersoda.

3. Lemak trans

Selanjutnya adalah lemak trans, mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak trans dapat memicu berat badan yang naik dan bisa menyebabkan penumpukan lemak pada sel hati. Pada makanan, lemak trans umumnya ditemui pada kue, roti, ataupun makanan kemasan yang bertuliskan partially hydrogenated pada label kemasannya.

4. Obesitas

Kelebihan berat badan juga bisa menyebabkan penumpukan sel hati yang dapat menyebabkan perlemakan hati non alkohol. Dan kelebihan berat badan juga dapat beresiko mengalami diabetes dan berusia setengah baya (sekitar 40-60 tahun). Jika tidak ditangani, akan terbentuk jaringan parut yang mengeras, menggantikan jaringan yang sehat.

5. Terlalu banyak vitamin A

Terlalu banyak mengkonsumsi vitamin A dalam jangka panjang dapat menyebabkan tulang rapuh diusia tua dan kerusakan hati. Hindari konsumsi vitamin A secara berlebih karena pada idelanya tubuh membutuhkan vitamin A harian yang diperlukan laki-laki hanya sebesar 700- 900 mikrogram, dan 600-700 mikrogram untuk perempuan.

6. Penggunaan jarum yang tidak steril

Selanjutnya adalah penggunaan jarum yang tidak steril yang menyebabkan infeksi hepatitis juga bisa menjadi penyebab penyakit hati. Seperti pada jarum pengambilan darah, penyuntikan obat-obatan, maupun pembuatan tato. Virus hepatitis dapat menyebar melalui kontak langsung dengan darah orang terinfeksi, dan dapat menyebar melalui makanan minuman yang terkontaminasi.

7. Konsumsi obat-obatan

Mengkonsumsi obat obatan dalam jangka panjang atau juga dosis besar dapat membahayakan kesehatan organ hati. Maka batasi penggunaanya berdasarkan petunjuk kemasan dan arahan dokter.

 Demikian adalah hal hal yang menjadi penyebab penyakit hati. Semoga dapat menambah wawasan kita semua. (https://speechhelper.blogspot.com)