Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mencegah Terjadinya Banjir di Lingkungan Rumah


Cara Mencegah Terjadinya Banjir di Lingkungan Rumah

Genangan air yang terdapat di lingkungan rumah anda tentunya dapat mengakibatkan banyak sekali kerugian, terutama secara finansial dan materiel. Belum lagi, musibah ini dapat membawa air kotor yang berlumpur serta dapat menjadi penyebab gangguan kesehatan dan penyakit, seperti bakteri dan juga virus.

Namun musibah ini dapat dihindari dengan cara dan strategi yang tepat. Berikut ini adalah cara mencegah terjadinya banjir di lingkungan rumah.

Cara Mencegah Banjir

1. Membuang Sampah pada Tempatnya

Saluran yang tersumbat secara umum yang disebabkan oleh sampah tentunya dapat menyebabkan kebanjiran. Anda dapat menghindari hal tersebut dengan membersihkan sampah yang tersumbat di saluran air, lalu membuanya pada tempat sampah yang tepat.

2. Menanam Tanaman dan Pohon

Pohon memiliki akar yang ternyata juga bisa menjadi salah satu cara mencegah banjir. Akar yang menjalar ke dalam tanah dapat membantu menyalurkan air masuk ke dalam tanah, sehingga tidak menggenang di atas permukaan. Marilah menanam pohon untuk dapat mencegah banjir.

3. Membuat Sumur Resapan

Cara mencegah banjir selanjutnya adalah anda bisa membuat air meresap ke dalam tanah secara manual dengan cara membuat sumur resapan atau biopori. Kaerna keduanya merupakan saluran drainase yang tertanam pada tanah, sehingga air akan dapat masuk ke dalam tanah.

4. Menggunakan Grass Block

Cara mencegah banjir selanjutnya adalah anda bisa menggunakan grass block. Grass block adalah salah satu jenis bahan untuk pembuatan jalan. Akan tetapi grass block memiliki kelebihan adalah lubang di tengahnya yang dapat menjadi tumbuhnya rumput dan tempat resapan air. Anda bisa menggunakan ini di halaman rumah tempat kendaraan parkir.

5. Memastikan Lahan Terbuka Tetap Terjaga

Ketika anda sedang merenovasi atau membangun rumah, tidak jarang yang tergoda untuk menutup seluruh permukaan dengan semen. Walaupun hal tersebut dapat memperluas bangunan rumah, anda juga harus memastikan lahan terbuka tercukup untuk resapan air sangatlah penting.

Demikian adalah cara mencegah terjadinya banjir di lingkukang rumah. Semoga dapat menambah wawasan serta dapat membantu anda dalam mencegah banjir di lingkungan rumah anda. (speechhelper.blogspot.com)