Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mencegah Mata Minus Secara Alami Dengan Baik


Cara Mencegah Mata Minus Secara Alami Dengan Baik

Cara mencegah mata minus yang pertama kali harus dilakukan adalah melatih otot mata dengan melakukan aktivitas tertentu. Olah raga tidak hanya diperlukan bagi kesehatan tubuh saja, melainkan kesehatan mata dan organ tubuh lainya juga membukuhkanya.

Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk dapat mencegah terjadinya mata minus atau rabun jauh. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat anda lakukan.

Cara Mencegah Mata Minus

1. Menggunakan Jari Telunjuk

Hal yang pertama harus anda lakukan adalah, duduk sengan tegap dan nyaman. Setelah itu gunakan jari teluntuk anda dan arahkan sejauh 10 cm di depan mata, dan fokuslah menatapnya. Setelah itu anda dapat melanjutinya dengan menatap objek jauh, dengan cara melirikkan mata, bukan menggerakkan kepala. Lakukan langkah tersebut hingga 10 kali dalam sehari.

2. Menggerakkan Bola Mata

Olah raga yang dapat dilakukan selanjutnya adalah menggerakkan bola mata anda ke kanan dan ke kiri, lalu dilanjuti dengan memutarkan bola mata dan berkedip sebanyak 100 kali setiap hari. Gerakan bola mata dengan memutar searah jarum jam dan sebalinya, diulangi hingga 5 kali. Seluruh gerakan ini sangat baik untuk membersihkan dan melumasi bola mata.

3. Istirahatkan Mata

Selain berolah raga, mataa yang minus juga dapat dicegah dengan cara mengistirahatkanya. Jika anda memiliki pekerjaan  yang mengharuskan untuk berlama lama di dalam ruangan, maka usahakan untuk anda mengatur cahaya ruangan sebaik mungkin agar tetap seimbang. Pastikan mata anda beristirahat sejenak dengan melihat objek jauh dan menutup mata sejenak beberapa kali.

4. Konsumsi Minuman Alami Berkhasiat

Anda dapat menkonsumsi minuman seperti jus buah dan sayur alami ini akan membantu menutrisi dan menjaga kesehatan mata anda. Minumlah jus wortel, jus lidah buaya, dan jus buah bit. Sebagai cara untuk mencegah mata minus, karena kandungan nutrisi alami yang lengkap, serta vitamin A yang mencukupi untuk menjaga penglihatan bekerja normal.

5. Tidak Menatap Layar di Tempat Gelap

Cara yang dapat anda lakukan selanjutnya adalah tidak menatap layar pada tempat yang gelap. Anda harus bisa menyeimbangkan cahaya di lingkungan dengan layar yang menyorot. Jika mata terus dipaksa dengan menatap cahaya terlalu kuat dengan kondisi gelap, pasti lebih lelah, apalagi dengan posisi anda sambil tiduran.

Demikian cara mencegah mata minus secara alami dengan baik. Semoga dapat menambah wawasan anda serta dapat membantu anda dalam mencegah mata minus. (https://speechhelper.blogspot.com)